Pemilihan Media Oil Separator

Oil separator jenis CPI membutuhkan media untuk optimalisasi proses pemisahan air dan minyak pada oily water. Media CPI berbentuk corrugated plate (fokus ke bentuk dan pemisahan) yang bersifat melaminerkan aliran (komponennya mudah terpisah) dan memberi ruang pengumpul untuk globul minyak bersatu.

Media CPI Oil Separator yang umum digunakan adalah tipe coalescing media. Pemilihan coalescing media untuk oil separator bergantung pada banyak faktor yang disesuaikan dengan kebutuhan atau karakteristik oily water yang akan dipisahkan.

Berdasarkan bahan dasarnya, coalescing media terbagi sebagai berikut.

  • Media FRP

Material FRP merupakan bahan kelompok polimer yang mempunyai daya tahan panas sampai 95 oC. Walaupun tahan pada suhu tersebut, material FRP dapat mengalami deformasi sehingga bentuknya akan menjadi rapuh dan mudah patah jika dilakukan pemanasan yang terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Media FRP memiliki permukaan bahan yang kurang rata namun kekuatan mekaniknya besar.

  • Media PVC

Material PVC adalah bahan yang paling aplikatif secara fungsi karena permukaannya yang dapat dibentuk, ringan, halus dan sifatnya yang oleofilik. PVC termasuk media coalescer yang murah namun hanya sanggup sampai temperatur 70oC. Jika aliran yang masuk ke CPI tidak panas atau tidak dipanaskan, maka media ini cocok dan cukup. Meskipun hanya menggunakan PVC, media ini tetap dapat bertahan hingga bertahun tahun.

  • Media Stainless Steel

Material stainless steel mempunyai daya tahan panas yang paling baik karena berasal dari kelas metal atau logam. Material ini akan sangat berguna jika dalam prosesnya ada reaksi kimia, pemanasan dan bertekanan  karena sifatnya yang kuat, tahan lama dan tahan panas. Namun, material stainless steel kurang aplikatif karena sulit untuk dicetak jika dibandingkan dengan media non metal seperti PVC dan FRP

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *