Oil Water Separator untuk Mengolah Oily Water

Air Limbah yang Mengandung Minyak (Oily Water)

Pengolahan air limbah terutama ditujukan untuk mengurangi kandungan bahan pencemar di dalam air yang dilakukan dalam beberapa tahap sampai batas tertentu sehingga air limbah tidak mencemari lingkungan hidup. Tahap awal pada pengolahan limbah merupakan tahap penting dalam pengolahan limbah karena bertujuan untuk minimalisasi pencemar yang tak terbiodegradasi atau beracun, agar tidak mengganggu proses-proses selanjutnya. Salah satunya adalah minimalisasi pencemar berupa minyak dan padatan tersuspensi dengan menggunakan oil water separator.

Oil Water Separator (OWS) adalah suatu alat yang dirancang untuk memisahkan minyak dengan padatan tersuspensi dari air limbah yang biasanya berasal dari kilang minyak, pabrik petrokimia, bahan kimia, pabrik pengolahan gas alam, pabrik pengolahan minyak sawit dan turunannya, serta sumber-sumber industri lainnya (oily water).

Ada dua jenis oil water separator, yaitu:

1)  API Oil Water Separator

API Oil Water Separator adalah alat yang dirancang dan distandarkan oleh AMERICAN PETROLEUM INSTITUTE untuk mengolah air yang di dalamnya mengandung minyak dan pengotor padat lainnya (oily water). Alat ini menggunakan prinsip Hukum Stokes yang memanfaatkan gaya gravitasi dan perbedaan berat jenis untuk memisahkan air dari  minyak dan pengotor padat lainnya, sehingga pengotor padat akan tersuspensi di bagian bawah alat dan minyak akan mengapung di atas air. Tingkat pemisahan globul minyak dari air oleh API Oil Water Separator mencapai 150 ppm. API Oil Water Separator dapat digunakan pada area yang luas dengan konstruksi yang sederhana dan tidak memerlukan perawatan khusus sehingga biaya perawatannya rendah.

2)  CPI Oil Water Separator

CPI (Corrugated Plate InterceptorsOil Water Separator  adalah unit pemisahan secara hidrodinamis yang pada dasarnya memiliki prinsip kerja yang sama dengan API, yaitu memanfaatkan gaya gravitasi dan perbedaan berat jenis minyak dan air, tetapi yang membedakannya adalah penambahan media berupa plate yang tersusun paralel dengan kemiringan 45°- 60°. Media plate tersebut berfungsi menambah luas penampang dari aliran sehingga globul-globul minyak yang ada di bawah permukaan plate dapat berkumpul menjadi satu dan meluncur ke atas permukaan air, plate juga berfungsi untuk mempersingkat jarak tempuh partikel minyak di dalam fase air sehingga pembentukan lapisan minyak dapat lebih cepat dan juga mengatur alirannya agar lebih laminer.

CPI biasanya digunakan untuk memisahkan globul minyak yang ukurannya lebih kecil dari 150 mikron. Peralatan ini digunakan secara luas oleh industri karena hemat tempat, hemat biaya, dan maintenance yang mudah dibandingkan dengan alat lainnya.

Share:

Artikel Terkait

AsOS Products

Produk AsOS   API Oil Separator AsOS API Series adalah Oil Separator yang bekerja karena adanya perbedaan gravitasi antara minyak dan air sehingga dapat menghilangkan

Kirim Kami Pesan