3-Phase Oil Separator (Separator Tiga Fasa)

Sesuai dengan namanya, 3 phase oil separator bertujuan untuk memisahkan tiga fasa, yaitu air, minyak dan gas dengan kualitas yang baik. Pengukuran performa 3 phase separator adalah:

  1. kandungan cairan dalam gas
  2. kandungan air dalam minyak
  3. kandungan minyak dalam air

Dalam 3 phase oil separator, terdapat empat bagian pemisahan, yaitu primary section, gravity settling section, mist extraction section, dan liquid collecting section. Masing-masing bagian tersebut memiliki fungsi yang berbeda sebagai berikut:

  • Primary section berfungsi untuk mengumpulkan sebagian besar fluida yang masuk. Pada bagian ini terdapat inlet port dan baffle untuk membelokkan arah aliran fluida utama dari aliran gas.
  • Secondary separation section/Gravity settling section berfungsi untuk memisahkan  butiran cairan yang sangat kecil yang tak terpisahkan di primary  section. Prinsip utamanya adalah pengendapan gravitasi, sehingga bergantung pada perbedaan densitas gas dan cairan. Hindari turbulensi, sehingga dilengkapi  dengan alat untuk melambatkan aliran.
  • Mist extraction section berfungsi untuk memisahkan butiran cairan halus berbentuk kabut yang terbawa aliran gas.
  • Liquid collecting section berfungsi untuk menampung cairan yang bebas dari gas. Pada daerah ini dipasang sight glass untuk melihat level cairan.

3 phase oil separator umumnya terdapat dalam bentuk horizontal, namun ada juga 3 ­phase oil separator yang berbentuk vertikal seperti di bawah ini.

Fungsinya masih sama seperti separator horizontal, yaitu untuk memisahkan air, minyak dan gas. Pembahasan mengenai perbedaan antara separator vertikal dan horizontal sudah dibahas pada artikel ini.

Kontak Kami

Silakan isi form kontak di bawah ini untuk mendapatkan informasi lengkap. Customer Service kami akan segera menghubungi Anda.